Sejarah Aksi Serda Usman dan Kopral Harun Said ngebom hotel Mc donald

Berita terbaru hari ini di Kliping berita online adalah tentang Sejarah Aksi Serda Usman dan Kopral Harun Said sebagai berita terbaru hari ini, semoga bisa berguna dan menambah wawasan anda.

Aksi Serda Usman dan Kopral Harun Said mengebom hotel MacDonald disebut pihak Singapura sebagai tindakan teroris karena menimbulkan korban dari sipil. Namun ternyata, ada alasan khusus kenapa TNI memilih hotel sebagai target penyerangan. Apa itu?

Kasubdisjarah TNI AL Kolonel Laut Rony E Turangan memastikan ada misi khusus terhadap hotel MacDonald dari negara. Tempat dan nama MacDonald adalah simbol kekuasaan Inggris di Asia Tenggara.

"Jadi ada tokoh namanya Malcolm MacDonald, dia adalah salah satu British high comissioner untuk jajahan Inggris di Asia Tenggara," kata Rony saat berbincang dengan detikcom, Rabu (12/2/2014).

Menurut Rony berdasarkan buku sejarah TNI, Malcolm MacDonald adalah salah satu yang mencetuskan ide pembentukan federasi 3S (Singapura, Sarawak dan Sabah). Hal inilah yang membuat Presiden Soekarno kala itu marah dan mengeluarkan pernyataan 'Ganyang Malaysia' karena dianggap awal mula tindakan kolonialisme gaya baru.

"Beliau meminta agar federasi 3S ini digagalkan, jangan sampai terbentuk," tegasnya.

Sedikit catatan soal Malcolm MacDonald. Dia adalah anak dari mantan PM Inggris Ramsay MacDonald dan Margaret MacDonald. Dia adalah politisi yang bergabung di partai buruh. MacDonalad menjadi British High Comissioner untuk kawasan Asia Tenggara pada tahun 1948. Lalu dia pindah ke India tahun 1955.

Konfrontasi Indonesia dengan Malaysia dimulai sejak tahun 1961, kala itu proposal untuk pembentukan Federasi 3S diumumkan. Mereka hendak membuat negara federasi yang menggabungkan kawasan Malaya, Sabah dan Singapura. Indonesia protes soal ini karena berpotensi menimbulkan neokolonialisme.

Tahun 1963 muncullah istilah 'Ganyang Malaysia' karena negara federasi Malaysia akhirnya terbentuk, tanpa Brunei Darussalam. Lalu pada tahun 1965, terjadi peledakan bom di hotel MacDonald oleh Gani, Usman dan Harun. Setelah terjadi pergantian kepemimpinan ke Soeharto, maka konfrontasi dengan Malaysia pun berakhir. Pada tahun 1966, Indonesia menandatangani perjanjian damai dengan Kuala Lumpur.

Nah itu adalah mengenai Sejarah Aksi Serda Usman dan Kopral Harun Said yang mengebom Hotel MacDonald di Kliping berita online hari ini, banyak berita terbaru di Kliping berita Online yang bisa anda baca, So stanby terus disini agar anda tidak ketinggalan berita terkini.

Terima kasih saya ucapkan untuk anda yang sudah sudi mampir membaca berita terbaru hari ini tentang Sejarah Aksi Serda Usman dan Kopral Harun Said Hanya di Kliping berita Online. Jangan Lupa share di Facebook/twitter anda supaya teman-teman anda bisa mengikuti juga berita terupdate dari Kliping berita Online dan atau berlangganan artikel secara gratis dengan cara memasukkan alamat email dan aktivasi linknya mengenai info Sejarah Aksi Serda Usman dan Kopral Harun Said  yang saya bahas diatas. Salam sukses !!

sumber : detik.com